Alergi obat adalah reaksi berlebihan sistem kekebalan tubuh terhadap obat-obatan tertentu yang di gunakan. Kondisi ini berbeda dengan efek samping obat yang umumnya tercantum pada kemasan maupun keracunan obat akibat overdosis.

Sebagian besar alergi obat memiliki gejala yang ringan dan biasanya akan reda dalam beberapa hari setelah berhenti meminum obat tersebut. Gejalanya bias berupa ruam, gatal pada kulit, produksi ingus jadi lebih banyak , batu, demam, mata gatal dan berair, ada pembengkakan atau mungkin sesak nafas atau nafasnya pendek-pendek. Namun demikian pada kasus reaksi alergi obat yang berat dapat mengakibatkan anafilaksis dimana reaksi alergi menyebabkan kegagalan fungsi system tubuh secara luas. Kondisi tersebut sangat serius dan bisa berakibat fatal sehingga memerlukan penanganan secepat mungkin.

Hendaknya para orang tua berhati-hati jika anak mengalami reaksi alergi setelah mengkonsumsi suatu jenis obat-obatan, jangan lupa catat nama obat (merk obat) serta kandungan obatnya, informasikan selalu dengan dokter terkait  hal tersebut.

Jika Orang tua  tidak tahu apakah ada alergi atau tidak, tes kulit (skin test)mungkin membantu mencari tahu dengan pasti.