Paru-paru merupakan salah satu organ yang penting dalam sistem pernafasan manusia, selain itu ada pula hidung, faring (rongga saluran nafas), trakea (tenggorokan), cabang tenggorokan (bronkus), cabang dari bronkus (bronkiolus), dan alveoulus.

Sistem pernafasan pada manusia adalah sistem menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Udara mengandung banyak gas-gas yang dibutuhkan terutama untuk kepentingan bernafas, seperti oksigen yang merupakan kebutuhan utama selama kita bernafas. Oksigen untuk pernapasan diperoleh dari udara di lingkungan sekitar.

 Alat-alat pernafasan yang ada berfungsi memasukkan udara yang mengandung oksigen dan mengeluarkan udara yang mengandung karbon dioksida dan uap air. Tujuan proses pernapasan yaitu untuk memperoleh energi jadi tanpa oksigen di udara tentu metabolisme tubuh dan mekanisme sistem-sistem dalam tubuh juga tidak bisa berjalan baik.

Jadi tentu saja dengan menghirup udara yang bersih kita sudah menjaga kesehatan paru-paru yang akan menunjang kehidupan kita lebih sehat dan berkualitas. Sumber udara yang bersih dapat kita peroleh dari udara yang banyak mengandung oksigen dan sedikit sekali polusinya (mengandung sedikit debu, kotoran, dan lainnya maupun berupa gas- gas yang tidak diperlukan karena sifatnya yang merugikan, seperti karbondioksida, karbonmonoksida, dan gas- gas yang berbahaya lainnya atau asap rokok).

Salah satu upaya agar kita tetap mendapatkan udara yang baik usahakan untuk menanam pohon atau tanaman-tanaman yang melakukan fotosintesis. Dengan demikian bisa mengurang gas buangan karbon monoksida di udara sehingga udara menjadi lebih bersih.