Kulit sensitif adalah kulit yang mudah mengalami iritasi, tipis, mudah merah dan meradang, mudah berjerawat, dan mudah gatal bila terkena produk perawatan kulit / kosmetik, serta jika adanya perubahan lingkungan (sinar matahari yang terik, polusi,atau cuaca dingin). Kebanyakan kulit sensitif adalah kulit berminyak, namun bisa juga kulit kering. Kulit sensitif sering juga dipengaruhi oleh faktor genetic. Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk merawat kulit yang sensitive terutama pada bayi dan anak-anak :

  • Menghindari sinar matahari dengan memakai payung, baju lengan panjang, dan topi yang lebar. Lindungi bayi sebisa mungkin dengan berteduh di bawah pohon, letakkan ia di stroller yang agak tertutup untuk mengurangi papar UV hingga 50%.
  • Menggunakan krim SPF (minimal 30) dengan perlindungan anti sinar ultraviolet A &B. Sunscreen aman diberikan pada bayi usia di atas 6 bulan, dengan catatan jenis yang digunakan adalah physical sunscreen yang mengandung titanium oxide atau zinc oxide dengan SPF 30 atau lebih, dan berlabel broad spectrum serta waterproof
  • Gunakan baju/pakaian berbahan dasar katun yang nyaman pada kulit
  • Gunakan sabun bayi ringan yang sesuai dengan pH netral kulit (5,5) dengan kandungan parfum dan pewarna yang seminimal mungkin. Jangan menggunakan sabun dengan antiseptik (fenol, kresol), deodoran (triklosan, heksaklorofen) maupun sabun yang mengandung detergen seperti sodium lauryl sulphate (SLS) yang dapat menimbulkan iritasi maupun sodium laureth sulphate (SLES) yang beracun bila terserap kulit si kecil.
  • Penggunaan parfum, baby cologne dan bahan kimia lainnya sebaiknya dihindari pada usia-usia awal karena pada dasarnya kulit bayi mudah menyerap bahan yang dioleskan pada kulit dan mudah teriritasi.
  • Pilih penggunaan deterjen yang bebas parfum dan pewarna.
  • Boleh gunakan pelembab khusus. Pelembab berfungsi untuk mencegah kulit kering dan memperbaiki barier kulit yang rusak. Pilihlah pelembab berbentuk krim tanpa parfum. Aplikasikan pelembab minimal 2x sehari setelah mandi atau lebih sering bila cuaca dingin, kering atau bayi mengalami eksema.

 

Sumber : www.idai.or.id