Keluarga merupakan landasan dasar untuk anak-anak mendapatkan pembelajaran yang baik dari perilaku dan bimbingan orang tuanya. Pendidikan akhlak memang harus ditanamkan sejak masih dini setiap hari, dan salah satu waktu yang pas untuk mengajarkan anak tentang disiplin adalah di bulan Ramadhan.

Mengajarkan anak-anak untuk ikut berpuasa bermanfaat untuk membiasakan anak beribadah sebagai suatu kebiasaan, hal ini baik untuk kesehatan dan kecerdasan spiritualnya di masa mendatang. Hendaknya mengajarkan anak berpuasa dapat dimulai secara bertahap dan menyenangkan.

Untuk ayah dan bunda yang sedang melatih buah hatinya berpuasa, bisa lakukan dengan tips-tips di bawah ini :

  • Pertimbangkan kondisi dan kemampuan anak
  • Puasa bukan berarti tidak boleh makan selama seharian penuh tetapi hanya menunda waktu makannya dan ini bisa dilakukan secara bertahap, contoh mundur 1 jam dari waktu makan yang biasanya lalu mundur 2 jam dari biasanya dan seterusnya, sampai yang anak2 mampu.
  • Diawal puasa adalah masa penyesuaian tubuh terhadap rasa lapar, bila anak terlihat lapar dan mengantuk biarkan saja, izinkan anak mendapatkan waktu tidur siangnya yang cukup tetapi jangan berlebihan. Ajak anak untuk melakukan kegiatan menyenangkan dan bermanfaat untuk mengisi waktu luangnya
  • Berikan motivasi dan reward bagi anak-anak jika perlu