Banyak orang beranggapan bahwa kemerah-merahan, bentol, atau gatal di kulit bayi bukan karena cipratan atau terkena asi,padahal ini adalah ruam asi yang terjadi karena bayi alergi dengan makanan yang ibu konsumsi.

Berikut adalah Tips untuk  Mengatasi Ruam Asi :

  • Tetap berikan asi sambil menghindari makanan pencetusnya

Makanan yang bisa menjadi factor pencetus alergi antara lain berasal dari golongan susu dan produk olahannya, kacang-kacangan, ikan laut atau sumber laut lainnya, gandum. Ibu yang memiliki alergi ataupun bayinya alergi suatu bahan makanan tertentu bisa tetap memberikan Asi sesuai permintaan bayi dengan tetap menjaga asupan makanan dengan menghindari makanan pencetusnya.

  • Usap/seka wajah bayi dengan waslap bersih dan air

Wajah bayi yang terkena cipratan asi tentu rawan mengundang bakteri dan kuman yang jika tidak langsung dibersihkan bisa memperparah si ruam tersebut, maka dari itu hendaknya ibu segera menyeka wajah bayi yang terkena asi.

  • Gunakan krim pelembab bayi yang aman

Penggunaan krim pelembab pada kulit bayi sebaiknya juga dilakukan atas rekomendasikan dokter, hal ini supaya tidak memperparah ruam-ruam yang muncul.

  • Cegah bayi menggaruk daerah yang terkena ruam tersebut

Garukan pada kulit yang ruam dapat menimbulkan infeksi serta bekas luka sehingga proses penyembuhannya bisa lebih lama.

  • Jangan terlalu lama memandikan bayi di air hangat

Terlalu lama memandikan bayi dengan air hangat bisa membuat kulit bayi menjadi semakin kering, kulit yang kering akan membuat ruam terasa lebih gatal.

 

Sumber :         

www.duniasehat.net

www.sehatfresh.com

www.ayahbunda.co.id