Ayah dan bunda mungkin sering mendengar istilah probiotik maupun prebiotik yang ada pada makanan dan minuman. Istilah yang serupa namun memiliki arti dan manfaat yang berbeda pula.

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik pada kesehatan atau biasa di kenal dengan bakteri baik/ flora normal. Probiotik berfungsi untuk menjaga keseimbangan mikroesosistem dalam sistem pencernaan, membantu proses pencernaan, berperan positif dalam sistem immun dan menetralkan atau menghilangkan racun.

Sebenarnya dari dulu jika melahirkan secara normal maka bayi akan memperoleh bakteri baik yang diwariskan dari orang tuanya melalui jalan lahirnya sedangkan istilah probiotik sendiri baru mulai dikenalkan melalui industri makanan & minuman. Pada bayi yang dilahirkan secara cesar bakteri baik ini biasanya tidak bisa diperoleh karena tak melalui jalan lahir sehingga ini menjadi faktor penyebab mengapa bayi cesar cenderung memiliki alergi, sistem imun yang tidak optimal dan jumlah bakteri baik/flora normal yang rendah.

Prebiotik adalah makanan yang tidak dapat dicerna usus, berfungsi sebagai suplemen untuk pertumbuhan dan perkembangan  mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan atau biasa disebut dengan makanan bagi flora normal/bakteri baik. Yang termasuk kedalam prebiotik itu sendiri adalah serat pangan, FOS (frukto oligosakarida), GOS (galakto oligosakarida) atau inulin. Sumber alami Prebiotik berasal dari produk susu dan dalam buah-buahan, kacang polong-polongan, biji utuh sereal misalnya gandum, sayur-sayuran misalnya asparagus, brokoli, dan bumbu-bumbu masak misalnya bawang putih, bawang merah.