Sistem pencernaan bayi memang belum bekerja sempurna seperti pada sistem pencernaan orang dewasa orang dewasa. Itu sebabnya bayi lebih rentan menghadapi masalah pencernaan seperti susah buang air besar. Kalau si kecil terlihat mengejan keras, kadang hingga menangis, saat buang air besar dan kotorannya terlihat keras, bisa jadi si kecil sedang mengalami sembelit. Memang sembelit sering kali terjadi pada anak/bayi terutama dan disebabkan karena banyak faktor misalnya kurang asupan cairan, kurang asupan lemak/minyak tambahan, terlalu banyak porsi makan anak, perpindahan tekstur (naik tekstur) terlalu cepat atau bahkan karena alergi atau intoleransi makanan. Salah satu cara untuk membantu si kecil/anak agar ia tak konstipasi adalah dengan melakukan pemijatan. Memijat bayi harus dilakukan dengan penuh kelembutan. Selagi memijatnya, Bunda juga dapat mengajaknya berbicara atau bernyanyi agar si kecil lebih menikmati masa-masa bersama bunda saat di pijat dan sudah pasti meningkatkan bonding antara bunda dan sikecil.

Berikut cara memijat bayi yang benar agar si kecil tak konstipasi/sembelit :

  • Letakkan bayi dalam posisi telentang menghadap bunda. Olesi perutnya dengan baby oil atau minyak lain secukupnya.
  • Usap lembut perutnya dengan arah memutar membentuk lingkaran kecil mengelilingi pusar bayi, searah jarum jam. Gerakan ini mengikuti arah pergerakan usus halus sehingga membantu makanan di dalamnya bergerak kea rah saluran pembuangan.
  • Pijat perlahan menggunakan jari-jari bunda (gunakan 3 atau 5 jari) membentuk huruf I, lakukan dari perut bagian kiri atas ke bawah.
  • Setelah itu, pijat membentuk huruf L dimulai dari sisi atas sebelah kanan melintang, lalu menurun di sisi sebelah kiri perut.
  • Kemudian pijat membentuk huruf U terbalik dari bagian perut kanan bawah kearah atas, lalu kiri dan kebawah. Lakukan secara perlahan sambil bunda rasakan sentuhan telapak tangan bunda diperutnya.
  • Akhiri dengan gerakan seperti mengayuh sepeda (gowes) pada kaki bayi. Gerakan ini juga membantu melancarkan proses buang air besar

Jika bunda melihat si kecil tampak benar-benar kesakitan dan beberapa cara yang bunda coba tidak sukses mengatasi masalah sembelitnya, segera konsultasikan ke dokter anak sebagai pilihan yang harus bunda lakukan.