Adanya aktivitas fisik memang seringkali membuat kekuatan bernafas, sehingga para orang tua dan beberapa dokter tidak menganjurkan asma untuk melakukan olahraga. Padahal tidak semua olahraga memicu serangan asma. Beberapa olahraga yang masih tergolong aman untuk yang memiliki asma, antara lain sebagai berikut :

  • Berenang

Berada dalam posisi horizontal ketika berenang juga bisa membebaskan mukus atau lendir yang mengendap di dasar paru-paru. Namun anda juga perlu waspada akan kandungan klorin dalam kolam renang yang terlalu banyak dapat memicu terjadinya asma. Sebaiknya pilihlah kolam renang didalam ruangan yang udaranya hangat dan lembab sehingga saluran udara tidak mongering dan memicu asma

  • Yoga

Dalam melakukan yoga akan terjadi kontrol napas. Yoga mampu untuk melatih tubuh dengan baik, menenangkan pikiran dan membantu memerkuat otot anda. Pada umumnya, sebagian besar yoga dilakukan di dalam ruangan sehingga kemungkinan terjadinya serangan asma lebih kecil daripada berolahraga di luar ruangan.

  • Jalan Kaki

Jogging dan berjalan kaki aman dilakukan untuk penderita asma. Cara melakukan yang terbaik adalah dengan melakukannya di treadmil dalam ruangan, sehingga tidak memicu terjadinya serangan asma karena udara sekitar yang dingin.

  • Bersepeda Santai

Mengayuh sepeda untuk balapan mungkin dapat menjadi sebuah pemicu penyakit asma anda kambuh, tetapi tidak akan terjadi jika mengayuh sepeda dilakukan dengan santai. Asma pada penderita akan kambuh saat bersepeda biasanya dipicu karena napas yang ngos-ngosan tidak terkontrol sehingga saluran napas mengalami kekeringan dan asma pun kambuh kembali.