Tanggal 4 July 2010 adalah hari yang paling saya nantikan, karena ini adalah pertama kalinya saya hamil dan melahirkan walaupun usia riskan.

Setelah kelahiran ‘Fernando’ dengan operasi Cesar, saya mencoba IMD tapi selalu tidak berhasil sehingga pihak rumah sakit memberikan susu formula.

Akhirnya sampai pulang ke rumahpun ASI saya tidak bisa keluar banyak, sedih banget gak bisa kasih ASI ekslusif seperti yang saya inginkan. Susu Formula pun jadi minuman wajib bagi Fernando. Walaupun sekali-kali ada selingan ASI.

Dua minggu kemudian, Fernando selalu tidak bisa tidur dan rewel dimalam hari, bangun jam 10 malam dan kembali tidur pada 7 pagi hari, siang hari tidurnya juga tidak tenang. Fernando juga suka mulet, muntah, BAB harus dengan ‘ngeden’ yang hebat dan bunyi grok-grok ditenggorokannya…

Saya bawa Fernando ke dokter Anak yang membantu melahirkan, beliau mengatakan hal itu biasa untuk bayi seusia Fernando dan akan hilang jika sudah 6 bulanan. Sayapun percaya. Tapi itu membuat saya stress tiap malam menghadapi tangisan Fernando, sampai saya terserang ” Baby Blues”.

Tante saya yang mengetahui hal tersebut menganjurkan untuk pindah ke dokter anak langganannya.
Akhirnya saya bawa Fernando ke dokter tersebut, setelah diperiksa dokter tersebut menanyakan apakah ada riwayat alergi pada kami berdua karena si Fernando alergi susu sapi. Kami berdua memang punya alergi yang sama,tapi saya tidak menyangka Fernando juga alergi. Beliau menyarankan ganti susu Hypoalergic.

Dua minggu setelah minum susu Hypoalergic, Fernando bisa tidur nyenyak, tidak grok-grok, BAB lancar dan tidak muntah lagi… Berat badannya berkembang pesat.

Saat ini Fernando berusia 3 bulan dengan berat 7.2 kg, panjang 65 cm.

Andai pada saat itu saya tidak pindah dokter, maka saya tidak akan tahu Fernando alergi susu…

Satu hal yang saya pelajari :

Jika anak tidak bisa tidur pada malam hari, itu bukan karena kebiasaan yang normal pada bayi, tapi memang ada sesuatu yang diderita oleh si bayi…. Banyak orang yang beranggapan bayi itu akan bangun pada malam hari dan tidur pada siang adalah hal yang normal….

ITU SALAH….
Bayi akan tidur pulas pada malam dan siang hari,jika dia SEHAT….

Semoga cerita ini bisa jadi inspirasi bagi sesama ibu untuk lebih mengerti keadaan bayi kita dan apa yang dikeluhkannya, karena mereka tidak bisa bicara… pelajari tangisannya…