Dermatitis atopik atau yang ibu kenal dengan eksim adalah istilah yang digunakan untuk sekelompok kondisi kulit. Eksim menyerang segala usia, namun 65% pasien menunjukan gejala sebelum umur satu tahun, 90% sebelum lima tahun dan sekitar 10-20% bayi menderita eksim.

Setiap anak memiliki kondisi yang berbeda, ibu dapat mengindikasinya dari bercak-bercak pada kulit, kulit kering dan panas biasanya muncul di dahi, pipi, lengan, kaki, kulit kepala, dan leher. Timbulnya rasa gatal yang semakin sering membuat bayi ibu menggaruk dan mencakar bagian yang gatal. Hal ini akan membuat kondisi semakin buruk. Pada kondisi yang parah kulit dapat terkelupas dan berdarah.
Eksim bukan penyakit menular yang dapat berpindah ke orang lain. Saat tanda awal eksim mulai muncul, segeralah hubungi dokter ibu yang mungkin akan merujuk ke dokter alergi kulit untuk menjalani perawatan khusus. Sangat penting untuk bekerja sama dengan dokter dan menentukan pemicu ruam lalu menemukan cara untuk menyembuhkan kulit bayi ibu serta mengurangi ketidaknyamanannya.

Biasanya ada 2 hal yang akan membuat buah hati Ibu merasa membaik:

Mencegah ruam dengan mencari pencetusnya
Menyembuhkan kulit yang rusak akibat eksim