Banyak keutamaan dalam berpuasa, keutamaan tersebut yaitu puasa menyembuhkan penyakit kulit, menurunkan gula darah, mencegah penyakit tumor, dan menghilangkan rasa nyeri pada persendian tulang.

Kulit manusia merupakan bagian dari indra peraba. Kulitlah yang merasakan dingin, panas, sentuhan, tekanan, dan rasa sakit. Kulit juga berfungsi menjaga tubuh dari setiap pengaruh yang datang dari luar. Dikutip dari Republika.co.id  didapatkan bahwa Dr Dewi Inong menjelaskan, puasa secara fisik merupakan detoksifikasi untuk mengurangi racun dalam tubuh. Hal itu karena racun yang berasal dari makanan yang kita makan dapat ditahan dan dikontrol pada saat kita berpuasa. Dokter spesialis kulit RSCM Jakarta ini juga menginformasikan bahwa tubuh kita membentuk oksidan alami untuk mengatasi racun, sedangkan kulit kita juga membentuk antioksidan vitamin E yang berguna bagi kesehatan kulit. Dan ternyata antioksidan yang diproduksi oleh tubuh akan meningkat lima kali lipat pada saat kita berpuasa.

Penyakit kulit dalam diobati dengan puasa karena saat puasa jumlah air yang ada dalam darah akan berkurang sehingga dalam kulitpun kandungan airnya akan berkurang. Maka sistem kekebalan kulit kita akan meningkat dan tidak mudah tertular oleh penyakit yang menular dan penyakit yang disebabkan oleh mikroba. Dapat mengurangi penyakit psoriasis. penyakit ini mengakibatkan kulit menjadi cepat berganti. Mengurangi dan membatasi keluhan-keluhan kulit yang berhubungan dengan lemak dan juga alergi.

Beberapa penyakit kulit, seperti jerawat, eksim (gatal jamur), dan artekaria (alergi dengan kulit berbintil dan berair), juga dapat berkurang. Luka, bekas luka, dan gangguan hormonal juga dapat disembuhkan karena puasa. Begitu pula penyakit kulit yang dipicu faktor stres dan emosi bisa sembuh. Hal itu disebabkan stres dan emosi dapat merangsang neurosubkresi (zat-zat penyebab gatal).