Hampir semua lembaga/Organisasi kesehatan di dunia menyarankan untuk MP-ASI 6bulan..yak WHO, UNICEF, AAP (American Academy of Pediatrics), Australian National Health & Medical Research Council, IDAI. Memang ada apa di usia bayi 6 bulan??? Mari kita simak.. Uraian dibawah ini di rangkum dr beberapa sumber yang kompeten atas ilmunya dan tentu ada penelitan ilmiah yg sudah dilakukan.

Berikut penjelasannya :

  1. Refleks seperti muntah (menjulurkan lidah) dominan terjadi pada usia 0-6bulan sehingga aktifitas mulutnya yg terjadi adalah menghisap maka ASI saja cukup. Diatas 6bulan kontrol lidah sudah semakin baik sehingga bisa mulai dikenalkan MP-ASI.
  2. Usia 0-6 bulan kebutuhan energi/kalori masih dipenuhi dr ASI.
    ASI mengandung kalori 0,7kkal/ml. Rata2 bayi ASIX minum ASI dalam jumlah stabil sejak 1-6bulan sekitar 750ml/hr (kisaran jumlah konsumsi ASI 570ml-900ml/hr), menurut AAP 780ml/hr. Pada umur 6bulan bayi butuh kalori 615kkal/hr sedangkan suplai kalori dari ASI sekitar 415kkal/hr sehingga terjadi kekurangan sekitar 200kkal/hr. Pada usia 9-11bulan terjadi kekurangan asupan kalori sekitar 300kkal/hr dan pada umur 12-23bulan terjadi kekurangan asupan kalori sekitar 550kkal/hr.
  3. Usia 4-6bulan adalah kondisi dimana usus bayi masih terbuka, antibodi (sigA) dr ASI bertugas untuk melapisi organ pencernaan bayi, memberikan kekebalan pasif, mengurangi terjadinya penyakit, & reaksi alergi sebelum penutupan usus. Jika kondisi usus belum sempurna maka memungkinkan terjadinya invaginasi usus/intususepsi (keadaan dimana suatu segmen usus masuk kedalam bagian usus lainnya, jika hal ini terjadi tentu akan berdampak pada kesehatan si baya dan dampak terburuk adalah kematian.
  4. Sistem imun bayi sebelum 6bulan belum sempurna sehingga peluang sakit akan lebih besar (spt diare, bapil, sembelit/demam).
  5. Saat bayi berusia 6 bulan beberapa enzim sudah diproduksi sempurna (asam lambung, pepsin, lipase, amilase).
  6. Saat bayi berusia 6bulan fungsi ginjal & lever sudah berkembang dengan baik.
  7. Kebutuhan zat besi bayi jg meningkat di usia 6bulan sedangkan pada saat itu pula mulai terjadi penurunan cadangan zat besi dalam ASI sehingga butuh tambahan atau suplai dr makanan.

Sekarang mari kita lihat/bandingkan dengan Tanda2 Bayi siap dgn MP-ASI..

  1. Bayi sudah dapat menegakkan kepalanya
  2. Bayi sudah dapat berada pada posisi duduk
  3. Bayi mau membuka mulutnya bila didekatkan sendok
  4. Tertarik dengan makanan yang kita makan
  5. Terjadi perubahan pola makan dan pola tidur

Tanda-tanda tersebut tentu bisa kita amati secara kasat mata bukan?? Kalau menurut saya pribadi “Menunda pemberian mpasi 6bulan” memang tidak diwajibkan krn dengan alasan tertentu bayi dapat lebih awal untuk memulai mpasinya, tp dengan melihat alasan apa yg terjadi saat bayi berusia 6bulan dan mencocokan dengan tanda bayi siap mpasi secara kasat mata tentu merupakan “JALAN TENGAH” untuk mendapatkan hasil tumbang yg optimal namun resiko minimal.

Sumber :
theurbanmama.com/articles/bahaya-pemberian-mpasi-dini-menundanya.html
duniasehat.net/2014/02/13/mpasi-makanan-pertama-bayi/
https://m.facebook.com/notes/asosiasi-ibu-menyusui-indonesia/serba-serbi-pemenuhan-kebutuhan-zat-besi-pada-bayi-dan-anak/10152404935944778/