Pasti bunda pernah dihadapkan pada saat ingin membeli suatu produk/barang/jasa namun dihadapkan pada berbagai macam pilihannya, tentu bunda harus bisa mencermati dengan baik agar produk/barang/jasa yang kita terima mempunyai kualitas yang baik.

Untuk menjadi konsumen yang cerdas tidaklah terlalu rumit, ada beberapa kiat dan tips yang selalu disosialisasikan Kementerian Perdagangan RI, antara lain :

  1. Teliti sebelum membeli barang dan/atau jasa yang ditawarkan di pasaran, dengan melihat kondisi fisik dan keadaan barang tersebut. Bila merasa ragu dan kurang jelas harus bertanya, untuk memperoleh informasi atas barang tersebut.
  2. Pastikan produk sesuai SNI. Hal ini untuk memastikan terjaminnya mutu kesehatan, keamanan, dan ramah lingkungan.
  3. Konsumen harus kritis terhadap kondisi barang dan/atau jasa, khususnya produk makanan, kosmetik dan obat-obatan. Perhatikan masa kadaluarsa serta bungkus yang telah dilengkapi dengan label yang tepat.
  4. Tegakkan hak dan kewajiban konsumen, yaitu konsumen harus berani memperjuangkan hak dan kewajibannya apabila mendapatkan barang dan/atau jasa  yang sudah dibeli tidak sesuai dengan standar.
  5. Konsumen membeli produk sesuai dengan kebutuhannya, bukan sesuai dengan keinginan atau konsumen tidak berlaku konsumtif.

 

Sumber :

www.kemendag.go.id