Gluten adalah gabungan protein yang ditemukan dalam makanan olahan dari biji-bijian gandum biasanya dari tepung terigu yang memberikan elastisitas dalam membuat roti atau cake , dan sebegainya. Gluten merupakan protein yang secara alami terkandung dalam hampir semua jenis biji-bijian.
Gluten mengandung  90% protein, 8% lemak, dan 2% karbohidrat. Menurut pakar nutrisi untuk dapat mencerna gluten dengan baik itu dibutuhkan 3 kali siklus metabolisme tubuh. Singkat kata, gluten ini sulit dicerna, terutama untuk anak-anak karena sistem metabolisme mereka belum sempurna. Dengan mengkonsumsi makanan yang sulit tercerna meskipun mungkin kita tidak mempunyai sensitivitas terhadap gluten, tetapi karena metabolisme tubuh harus bekerja dengan lebih keras untuk mencerna gluten, maka tenaga dan energi yang digunakan juga lebih banyak yang kemudian akan membuat tubuh lebih lesu dan mudah mengantuk. Orang yang mempunyai sesitivitas pada gluten merasakan gejala kembung, rasa tidak enak pada perut, hingga gejala berat seperti gangguan pencernaan, iritasi usus, sakit kepala, migrain, nyeri sendi dan otot, asma, gangguan pada kulit seperti eksem, dan gangguan hati.

Jika anda alergi terhadap gluten atau memang memiliki intoleransi terhadap gluten, sebaiknya hindari semua makanan yang mengandung gluten seperti gandum, roti, dan makanan olahan dari tepung. Hindari makanan seperti pasta, sereal, biji-bijian, kecuali di kemasan sudah dicantumkan ‘gluten free’.
Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, karena masih bisa mengkonsumsi makanan yang lainnya yang tidak mengandung tepung. Seperti makanan yang terbuat dari ubi kayu atau singkong, jagung, tepung tapioka, kentang, beras, kacang-kacangan dan juga umbi-umbian, kentang, kedelai, beras, tepung kacang, dan lain-lain. Dan tentu saja daging, ikan, beras dan buah-buahan dan sayuran tidak mengandung gluten.

Jika anda salah seorang yang hobi mengunjungi resto-resto cepat saji, sebaiknya lebih berhati-hati karena resto-resto tersebut umumnya jarang memperhatikan apakah bahan makanan yang mereka gunakan sudah bebas gluten atau belum. Makanan restoran seperti ayam goreng tepung atau saus salad dan saus steak sering memakai tepung terigu sebagai bahan pengental atau pelapis. Karena itu saat memilih menu waspadai bentuk-bentuk gluten dalam makanan tersebut.

Untuk menegakkan diagnosa dan memastikan ada baiknya anda pergi ke dokter untuk pengujian klinis bisa dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh mulai dari kerja darah, biopsy usus, dan peningkatan yang ditandai dengan diet bebas gluten.

Sumber :

http://food.detik.com/read/2009/11/02/161706/1233479/294/waspada-mereka-yang-alergi-gluten

https://duniafitnes.com/nutrition/alergi-pada-gluten-ini-penyebabnya.html