Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur  yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan untuk pencegahan penyakit.

Menjaga kebersihan lingkungan berarti menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber dan sebagainya. Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih indah dan nyaman. Kebersihan lingkungan sekitar merupakan kewajiban seluruh masyarakat. Penting bagi kita untuk saling mengingatkan tentang kebersihan kepada sesama dan orang tua mengajarkan anak memiliki rasa peduli dalam menjaga kebersihan lingkungan. Beberapa penyakit bisa saja terjadi jika lingkungan kurang sehat seperti Penyakit Demam berdarah (DBD), Malaria, Diare, radang pernafasan, disentri, infeksi berbagia penyakit kulit dan masih banyak lagi penyakit lainnya.

Cakupan dari kebersihan lingkungan meliputi lingkungan tempat tinggal, lingkungan sekolah anak, lingkungan tempat bekerja dan lingkungan tempat beraktivitas lainnya. Lingkungan yang bersih secara tak langsung dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Beberapa faktor yang mempengaruhi sistem imun kita seperti rutinitas berolahraga secara teratur, makan makanan seimbang dan bergizi, pengelolan stress yang baik, istirahat & tidur yang cukup. Faktor-faktor tersebut lah yang selalu bersinggungan dan tak pernah lepas dengan kondisi lingkungan di sekitarnya dan lingkungan fisik itu sendiri.