Alergi dingin bisa juga disebut dengan Cold Urticaria. Jenis alergi yang satu ini tipe yang langsung menyerang sistem pernafasan. Alergi ini biasanya langsung bereaksi ketika seseorang terkena paparan langsung udara dingin atau air dingin atau ketika terjadi perubahan suhu yang turun secara drastis, selain karena perubahan suhu, bisa juga terjadi karena mekanik, cahaya dan lainnya.

Alergi dingin merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan system kekebalan tubuh yang sangat sensitive. Sistem kekebalan tubuh ini salah mengidentifikasikan bahan yang memang tidak berbahaya namun dianggap berbahaya bagi tubuh, dan pada akhirnya menyebabkan kekuatan yang menjadi lebih besar daripada yang harusnya diperlukan. Mereka yang umumnya mudah sekali terserang alergi dingin ini mengalami gejala sulit bernafas atau saluran pernafasan terasa sesak.

Gejala alergi dingin yang paling umum adalah kemerah-merahan, gatal-gatal dan bentol-bentol di kulit. Alergi ini umumnya ditandai dengan keluarnya bentol-bentol yan disertai oleh rasa gatal ini cukup membuat risau. Alergi dingin yang keluar melalui bentol-bentol akan terpapar suhu dingin atau suhu drastis dan kadangkala disertai rasa panas dan terbakar.

Alergi dingin merupakan salah satu alergi yang cukup berbahaya. Terutama jika terjadi pembengkakan laring faring. Pembengkakan ini mengakibatkan kematian pada pasien dengan resiko alergi ini. Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka merupakan pasien dengan resiko alergi karena alergi ini seringkali disamakan dengan gejala-gejala flu biasa akibat perubahan cuaca yang drastis. Alergi dingin jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan kematian sama seperti hipotermia atau menurunnya suhu tubuh secara terus menerus.

Alergi dingin juga dapat menyerang anak-anak dengan gejala yang timbul berupa bentol-bentol. Gejala bentol yang timbul pada kulit anak tidak selalu alergi dingin, namun juga memiliki kemungkinan lain seperti eksim atopic, uertikaria atau biduran yang mungkin disebabkan karena adanya pemicu lainnya, dan masih banyak kemungkinan lainnya. Namun apabila benar gejala yang muncul adalah alergi dingin maka akan muncul bentol di beberapa bagian tubuh anak. Bentol ini terasa gatal dan akan hilang dalam 24 jam. Gejala bentol ini sering disebut dengan urtikaria.

Faktor Yang Bisa Menyebabkan Alergi Dingin Yaitu :

  • Penyakit Dasar. Seseorang yang mempunyai gangguan kesehatan seperti hepatitis atau kanker bisa meningkatkan resiko alergi dingin.
  • Jika orang tua yang mempunyai riwayat alergi dignin biasanya menurun kepada anaknya, tetapi hal seperti ini jarang terjadi.
  • Biasanya alergi dingin bisa dialami oleh orang yang sedang terkena infeksi seperti radang paru-paru atau pneumonia.
  • Anak-anak dan Remaja. Untuk anak-anak dan remaja akan lebih rentan terkena alergi dingin, tapi alergi dingin tersebut bisa hilang setelah beberapa tahun kemudian.

Untuk mengetahui apakah Anda mempunyai alergi dingin, bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah dan praktis, Anda cukup menyiapkan es batu kemudian Anda letakkan es batu ke kulit tangan dan diamkan selama 5 menit, kemudian Anda ambil es batu tersebut dan lihat keadaan kulit tangan Anda.

Jika di kulit tangan Anda muncul benjolan merah dan terasa gatal berarti Anda mempunyai alergi dingin, jika Anda sudah mengetahui bahwa Anda mempunyai alergi dingin Anda bisa berkonsultasi kepada dokter untuk meminta resep yang sesuai dengan alergi Anda.

Cara Mengatasi Alergi Dingin

  • Tingkatkan Vitamin D

Cobalah untuk mengkonsumsi vitamin D setiap hari, sudah banyak penelitian yang membuktikan jika seseorang kekurangan vitamin D pada tubuhnya akan mudah terkena alergi. Sumber vitamin D bisa di dapatkan dari minyak ikan dan lemak ikan seperti tuna atau salmon.

  • Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat akan membuat diri Anda juga sehat, jika mengkonsumsi makanan yang sehat seeprti sayuran dan buah-buahan segar setiap hari akan membantu Anda terhindar dari alergi dingin. Untuk Anda atau si kecil yang alergi susu sapi atau alergi lainnya, sebaiknya hindari dulu makanan pencetus alergi lainnya.

  • Hindari Udara Yang Dingin

Jika mempunyai alergi dingin usahakan jangan bepergian ke tempat-tempat yang bersuhu dingin, karena tempat-tempat yang mempunai suhu dingin ekstrim akan membuat alergi dingin Anda kambuh.

  • Mengguna Bedak atau Lotion

Jika alergi sedang kambuh atau kumat, Anda bisa mengoleskan bedak atau lotion yang mengandung antihistamin atau calamine. Karena itu bisa mengurangi rasa gatal pada kulit Anda dan bisa mengurangi bentol-bentol.

  • Obat-obatan

Anda bisa melakukan pengobatan ke dokter untuk mengatasi alergi Anda, biasanya dokter akan menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi obat yang mengandung antihistamin yang bisa mengurangi alergi. Tapi Anda jangan menggunakan obat ini dalam jangka waktu yang lama karena obat ini bisa beresiko pada kesehatan tubuh Anda.

  • Mandi Air Hangat

Bila di tempat Anda sedang ada perubahan cuaca yang sangat dingin sekali, Anda mandi menggunakan air hangat, jangan menggunakan air dingin karena itu bisa memicu kambuhnya alergi Anda.