Bintik merah gatal atau juga sering disebut urtikaria adalah akibat yang umum dari alergi berbagai makanan atau alergi susu sapi. Sekitar 20% bintik merah gatal akut ini terkait dengan pencernaan makanan pencetus alergi, seperti susu, kacang, telur, cokelat, ikan atau beberapa jenis buah.

Alergi makanan terkait dengan bintik merah gatal kebanyakan muncul dengan segera pada buah hati Ibu. Dalam hitungan jam atau sekurang-kurangnya hitungan hari, area merah-merah, gatal dan bengkak secara langsung menyebar ke seluruh tubuh, muka, bibir, lidah, kerongkongan dan telinga. Area gatal ini pada bayi ibu dapat berkembang semakin luas.

Kaitan antara bintik merah gatal dan alergi makanan.

Mekanisme alergi pada reaksi abnormal tubuh mengeluarkan zat kimia yang bernama histamin dalam tubuh, menyebabkan munculnya bintik merah gatal.

Ketika histamin beredar dalam tubuh sel kulit dan kapiler kulit, sel endotel akan memicu reaksi peradangan atau inflamasi dengan kebocoran cairan kapiler yang menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

Tipe bintik merah gatal.

Menurut durasi kemunculan reaksi gatal, kita dapat mengkategorikan bintik merah gatal ke dalam jenis akut, dimana gatal muncul beberapa menit setelah terinfeksi hingga beberapa jam atau bahkan beberapa minggu. Kronik, dimana reaksi dapat bertahan lebih dari satu bulan.

Bintik merah gatal dan Edema

Edema kulit adalah kondisi kulit keras yang disebabkan oleh bintik merah gatal dimana cairan terkumpul di bagian kulit yang bengkak karena jaringan sel. Terlepas dari rasa gatal, bagian kulit ini dapat menjadi kurang sensitif karena tekanan pada syaraf sensorik. Hal ini dapat terjadi karena alasan yang sama pada terjadinya bintik merah gatal yaitu lepasnya histamin di bawah kulit.

Edema dapat muncul dimana saja tetapi biasanya tampak pada tangan, wajah, seluruh selaput lendir, mulut, lidah dan kerongkongan. Kondisi ini dapat sangat berbahaya karena dapat menyebabkan anafilaksis dan harus ditangani segera di instalasi gawat darurat.

Diagnosis dan terapi pada bintik merah gatal.

Secara umum bintik merah gatal dapat dikenali dengan mudah dan investigasi akan sangat berguna untuk mengetahui penyebabnya, terutama pada kasus bintik merah gatal karena alergi makanan dan susu sapi. Hal ini dilakukan dengan diet eliminasi yaitu mengeluarkan satu persatu alergen yang mungkin menjadi pencetus dan mengidentifikasinya. Jurnal pemberian makanan atau Catatan Harian pemberian makanan akan sangat membantu untuk mencatat setiap makanan dan reaksi yang timbul.

Untuk mengurangi reaksi bintik merah gatal (tetapi bukan untuk melenyapkan penyebabnya) dapat digunakan pengobatan dengan antihistamin yang merintangi efek histamin. Pengobatan ini harus dilakukan dibawah saran dan pengawasan dokter.

Berikut adalah tips yang dapat ibu lakukan untuk mengurangi gatal yaitu :

Menjaga kulit tetap dingin
Mengurangi gerak untuk mengurangi panas
Mandi dengan air suam-suam kuku
Jangan menggaruk, lebih baik gunakan krim pelembab yang disarankan dokter untuk mengurangi gatal dan menghindari kulit kering.