Taukah bunda bahwa warna feses normal pada umumnya berwarna kuning atau cokelat. Warna tersebut di sebabkan oleh sterkobilin, yaitu bagian dari empedu yang dikeluarkan lewat tinja. Jadi, yang mewarnai tinja kita adalah empedu yang diproduksi oleh hati. Jika ada gangguan pada empedu atau pada saluran empedu kita,warna feses juga bisa berubah. Yuk bunda kenali arti warna feses si kecil untuk bantu cek kesehatannya.

Berikut ulasan singkatnya :

Jika feses si kecil berwarna hijau

Feses yang berwarna kehijauan, pada bayi dapat disebabkan karena warna empedu. Pada keadaan normal, makanan saat berada di usus halus akan bercampur dengan empedu. Makanan tersebut kemudian akan mengalami penyerapan dan sisanya akan diteruskan ke usus besar. Di usus besar, tinja kemudian mengalami suatu proses yang akhirnya akan menyebabkan perubahan warna menjadi kuning atau cokelat. Bila tinja di usus besar hanya singgah dalam waktu yang singkat, tinja tidak memiliki kesempatan atau waktu untuk mengalami perubahan warna tersebut. Keadaan ini sering disebut sebagai rapid transit atau penurunan waktu singgah di usus besar yang akhirnya menyebabkan feses berwarna hijau.

Warna feses kehijauan juga sering terjadi pada anak yang mengonsumsi susu formula khusus seperti formula kedelai, formula hipoalergenik, formula asam amino, dan beberapa formula dengan kandungan zat besi yang tinggi

Diare pada anak yang berkepanjangan bisa menyebabkan warna feses juga hijau akibat overgrowth bacteria karena toksin yang dikeluarkan bakteri akan mengikat sebagian empedu di tinja sehingga empedu tidak diserap kembali oleh usus dan akan mewarnai tinja lebih hijau.

Jika feses si kecil berwarna seperti dempul atau putih

Fese yang berwarna seperti dempul atau putih dapat disebabkan karena tidak adanya warna empedu yang mewarnai. Apabila keadaan ini terjadi, dapat dipikirkan kemungkinan adanya gangguan pada saluran empedu yang disebut sebagai atresia bilier. Feses yang berwarna seperti dempul ini merupakan keadaan yang harus segera dievaluasi untuk dipastikan penyebabnya.

Jika feses si kecil berwarna merah

Feses yang berwarna kemerahan dapat diasumsikan ada perdarahan saluran cerna. Tinja yang berwarna merah bercampur lendir dengan konsistensi cair merupakan pertanda penyakit disentri. Warna merah segar seperti darah dan menetes merupakan tanda kelainan usus besar bagian bawah seperti polip, hemoroid, luka di daerah anus (fisura ani).

Jika feses si kecil berwarna hitam

Tinja yang berwarna kehitaman juga dapat diasumsikan ada perdarahan saluran cerna.

Warna tinja hitam seperti teh merupakan tanda perdarahan saluran cerna bagian atas seperti kerongkongan dan lambung

Sumber : Disadur ulang dr www.idai.or.id