Mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman. Mencuci tangan juga merupakan salah satu upaya untuk pencegahan penyakit.Beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan mencuci tangan pakai sabun contohnya diare, infeksi saluran pernafasan, pneumonia, infeksi cacing, infeksi mata, infeksi kulit dan sebagainya.

Cuci tangan dengan 7 cara yang tepat sesuai panduan WHO atau 6 Cara sesuai Depkes RI merupakan cara membersihkan tangan yang sesuai prosedur dan benar untuk membunuh kuman penyebab penyakit. Dengan mencuci tangan pakai sabun baik sebelum makan atau pun sebelum memulai pekerjaan, dapat menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyebaran penyakit melalui kuman yang menempel di tangan.

Berikut langkah-langkah yang tepat ketika mencuci tangan :

  1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan
  7. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu.